LBH Bintang Keadilan Soroti Peledakan Batu di Tanjung Bintang Lamsel

KALIANDA – Kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bintang Keadilan menyoroti adanya aktifitas peledakan tambang batu milik PT Batu Makmur yang berada di Kampung Sawah, Desa Kaliasin, Kecamatan Tanjungbintang, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel).

Wakil Direktur LBH Bintang Keadilan, Tedy Purwoko, S.H mengatakan, dirinya berempati atas aktifitas yang berdampak negatif kepada warga sekitar itu.

“Kebetulan saya juga orang yang tinggal di Tanjung Bintang. Tentu saya miris, ketika mendengar hal tersebut”, ujar peraih penghargaan Kalpataru Provinsi Lampung 2020 dan penghargaan UGM Alumni Award 2021, Kamis (20/1/2022).

Ia lantas menjelaskan, bahwa ada indikasi pelanggaran yang telah dilakukan oleh perusahaan sehingga aktivitas perusahaan tersebut berdampak merugikan masyarakat yang tinggal di area sekitar tambang batu.

“Saya mendengar puluhan rumah retak pada saat peledakan. Apakah izin perusahaan ini sudah sesuai ? kan ada radius minimumnya dari objek peledakan ke pemukiman, terus juga ada ukuran ledakan agar getarannya tidak besar,” kata alumnus UGM ini coba memaparkan.

Untuk itu, Tedy juga menyatakan bahwa dirinya siap bilamana sewaktu-waktu diminta memberikan pendampingan hukum kepada warga.

“Karena ini berada di Tanjung Bintang dan demi menjaga keamanan, ketertiban serta memenuhi rasa keadilan, saya siap memberikan bantuan hukum secara gratis,” tegas Tedy Purwoko di penghujung. (Red)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.