Antisipasi Lonjakan Mudik Arus Balik, Pelabuhan BBJ Siapkan 4 Kapal

BAKAUHENI – Antisipasi lonjakan pemudik arus balik usai lebaran 1443 hijriah di Pelabuhan ASDP Bakauheni Lampung Selatan (Lamsel), Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) disiapkan sebagai alternatif penyebrangan.

Hal tersebut disampaikan Direktur BBJ, Tatang Rohadi kepada sejumlah wartawan disekitar pelabuhan BBJ, Jum’at (6/5/2022). Dikatakan Tatang, pihaknya menyiapkan empat kapal untuk membantu penyebrangan pemudik arus balik dari pulau Sumatera ke Pulau Jawa.

“Karena sebenarnya BBJ itu membantu ASDP dalam melayani arus balik lebaran tahun 2022 ini. Dan memang BBJ telah menyiapkan kapal, empat kapal. di antaranya GNW, JWS, Roswin, BN II,” kata Tatang.

Tatang menjelaskan, dari empat kapal yang disiapkan BBJ, setidaknya dapat mengangkut sekitar 800 unit kendaraan pemudik dalam sekali penyebrangan.

“”Untuk GNW bisa mengankut 240 unit kendaraan. JWS 240 unit kendaraan. Roswin 200 unit kendaraan dan BN II 240 unit kendaraan. jadi bisa mengangkut sekitar 800 kendaraan pribadi,” jelasnya.

Namun menurut Tatang, empat kapal yang telah disiapkan itu hanya untuk kendaraan pemudik untuk kategori roda empat keatas. Sementara, kendaraan roda dua tidak bisa ia sebrangkan.

“Motor tidak ada. Untuk kendaraan barang 360 unit kendaraan. Khusus untuk kendaraan roda empat. Kendaraan roda dua dan penumpang tidak. Untuk roda empat ke atas,” imbuhnya.

“GNW dan JWS 2 trip, Roswin dan BN II 3 trip dalam 1×24 jam. Perjalanan kapal 3 jam. Berlabuhnya kita di bojonegoro (Cilegon Timur). Untuk saat ini ke empat kapal standby di BBJ dan melihat kendaraan yang akan arus balik ke Jawa. ,” ujarnya

Untuk pelaksanaan pengalihan arus penyeberangan melalui pelabuhan BBJ ini Tatang masih menunggu koordinasi dari stakeholder terkait.

“Untuk arus pengalihan kita tetap berkoordinasi dengan Dirlantas Polda Lampung dan KSOP Bakauheni. Maka untuk kendaraan yang akan melewati Bakauheni khususnya supaya bisa membantu ASDP. Sebenarnya kita melayani kendaraan yang mengantar sembako. Tetapi jika kita diminta dari stake holder terkait untuk mengangkut kendaraan lainnya, kita siap,” terangnya.

Sementara, untuk tiket penyebrangan di pelabuhan barang peti kemas ini, pihak BBJ telah menyiapkan pembelian tiket secara manual bagi kendaraan yang belum memiliki kartu ferizzy. Sedangkan, untuk kendaraan yang sudah memiliki kartu ferizzy, bisa langsung nyebrang.

“Jadi, para pemudik tidak perlu khawatir, tiket penyebrangan bisa dibayar kes di loket pelabuhan BBJ. Kalau yang sudah punya kartu ferizzy bisa langsung nyebrang. Karena kita juga sudah jalin kerjasama dengan ASDP ketika pelaksanaan pengalihan arus penyeberangan ini dilakukan,” tutupnya. (DDB/Red)

 

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.